Profil

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) berawal dengan dibukanya Fakultas Tarbiyah cabang IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 1969. Berikutnya pada tahun 1997 berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 11 tahun 1997 Fakultas Tarbiyah IAIN Jakarta di Pontianak berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Pontianak, dan jadilah Fakultas Tabiyah sebagai Jurusan Tarbiyah STAIN Pontianak yang memiliki program studi  Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA). STAIN Pontianak beralih status menjadi IAIN Pontianak melalui Keputusan Presiden RI nomor 53 tahun 2013.

Dengan perubahan status dari sekolah tinggi menjadi institut maka jurusan Tarbiyah menjadi Fakulktas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Dengan empat jurusan yakni Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Jurusan Pendidikan Guru Raudhatul Atfhal (PGRA). Adapun dasar hukum penamaan FTIK IAIN Pontianak berdasarkan kepada Peraturan Menteri Agama (PMA) RI Nomor 94 tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja (Ortaker).

Dekan: Dr. Hj. Lailial Muhtifah, M.Pd
Wakil Dekan I: Eka Hendry Ar., S.Ag, S.Pd., M.S.I
Wakil Dekan II: Drs. M. Rahmatullah, M.Ag
Wakil Dekan III: Dra. Hj. Rusnila Hamid, M.Si
Kepala Bagian Tata Usaha: Drs. H. Sohorman
Kepala Sub Bagian Akademik Kemahasiswaan & Alumni: Syarif Akhmad Fauzi, ST
Kepala Sub Bagian Administrasi Umum & Keuangan: Ajeng Vashqie Varaulizza, S.Kom

VISI:

FTIK IAIN Pontianak adalah: “Menjadi Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pengajaran yang Unggul, Terkemuka dan Terbuka dalam Riset Keagamaan, Keilmuan dan Kebudayaan Borneo”

MISI:

  1. Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran dalam bidang pendidikan, keilmuan, keagamaan dankebudayaan;
  2. Mengembanmgkan keilmuan dalam bidang pendidikan, keagamaan dankebudayaan borneo yang kreatif dan inovatif;
  3. Melaksanakan kegiatan pendidikan pada tiga pilar aras TRI DHARMA PT.

PROFIL LULUSAN:

  1. Pendidik, tenaga kependidikan, peneilti pendidikan, pengelola pendidikan, penulis pendidikan, konsultan pendidikan yang memeiliki kemampuan:
  2. Menguasai secara mendalam ilmu pengetahuan tentang pendidikan, keislaman dan kebudayaan borneo;
  3. Memiliki keterampilan dalam bidang pedagogis secara profesional dan bertanggung jawab;
  4. Memiliki sikap dan kepribadian yang mengedepankan sikap rasional, humanis, mengayomi, amanah dan bertanggung jawab;
  5. Memiliki kemampuan beradaptasi, bersosialisasi, bekerjasama dan mengatasi masalah praktis di tengah-tengah masyarakat.