Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

VISI:

Menjadi Jurusan yang unggul dalam menghasilkan guru MI (Madrasah Ibtida’iyah) yang professional, berwawasan luas, kompetitif, beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah serta mampu melakukan riset pendidikan, keilmuan dan kebudayaan sampai pada tahun 2020”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan Pengajaran yang dinamis, efektif, dan efisien berbasis teknologi dan manajemen modern bagi guru MI sesuai standar pendidikan nasional.
  2. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam mengembangkan pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah (MI).
  3. Mengkaji dan mengembangkan ilmu-ilmu keislaman, ilmu kependidikan dan iptek dalam proses pembelajaran di MI yang dilakukan secara aktif, efektif, inovatif, kreatif, menyenangkan dan berkesinambungan dengan didukung oleh teknologi, sarana dan prasarana yang memadai.
  4. Bekerjasama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan penelitian untuk engembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada pendidikan dasar Islam untuk menyiapkan guru Madrasah Ibtidaiyah profesional.
  5. Melaksanakan pengabdian dalam bentuk pengembangan madrasah ibtidaiyah dan pemberdayaan masyarakat secara berkesinambungan.
  6. Mengembangkan pendidikan dan pelatihan dalam bidang pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah sesuai kebutuhan masa kini dan masa mendatang.

TUJUAN:

  1. Menghasilkan guru MI yang beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah sebagai dan profesional
  2. Menghasilkan guru MI yang mampu memenuhi tuntutan dan kebutuhan pada satuan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Menghasilkan guru MI yang menguasai ilmu pendidikan secara mendalam dan komprehensif untuk membantu memecahkan masalah pendidikan dasar.
  3. Menghasilkan guru MI yang kreatif dan inovatif bagi peningkatan mutu pendidikan pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah.

PROFIL LULUSAN PGMI

Lulusan jurusan PGMI diharapkan menjadi guru MI yang memiliki kedalaman pengetahuan, berakhlak mulia, kompeten dan professional.

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi Utama

Guru MI yang menguasai keilmuan pendidikan Islam pada tingkat pendidikan dasar dan mempunyai kompetensi profesional, pedagogik, sosial dan pepribadian.

Kompetensi Tambahan

  1. Konsultan bidang Pengelolaan MI.
  2. Menjadi Guru Tari atau Musik